Friday, September 16, 2011

11 Kewajiban Anggota Terhadap Gereja

Gbii.org - Seseorang yang telah diselamatkan, dibaptiskan, lalu bergabung sebagai jemaat dalam gereja lokal, selain memiliki hak dan kewajibannya terhadap Allah, juga memiliki hak dan kewajiban kepada gereja dimana dirinya tergabung sebagai anggota jemaat. Apa saja yang menjadi kewajiban bagi seorang anggota jemaat terhadap gereja-nya?
  1. Setelah saya bertobat kepada Allah dan beriman kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya, saya memberikan diri saya untuk dibaptiskan sesuai Alkitab (Mat.28:19-20; Rom 6:3-5; Kol.2:12).
  2. Baptisan adalah bukti pertobatan saya pribadi dan bukti saya beriman serta menyatukan diri dalam kematian, penguburan, dan kebangkitan bersama Tuhan Yesus Kristus (Rom.6:3-6).
  3. Baptisan juga suatu bukti saya meninggalkan/mati terhadap dosa dan hidup bagi Tuhan Yesus Kristus (Rom.6:3-6).
  4. Saya harus terus aktif bersekutu dengan Jemaat/Gereja, bersekutu dengan Tuhan Yesus Kristus, bersekutu dengan saudara-saudara seiman di gereja, bergabung dengan gereja yang benar-benar mengajarkan Alkitab (Ibr.10:25, I Tim.4:16).
  5. Saya harus mentaati Firman Tuhan dan menjadi pelaku Firman Tuhan (Yak.1:22)
  6. Saya harus menghormati Pendeta/Gembala saya, mendukung dan mengikuti Firman Tuhan yang diajarkannya seturut dengan Alkitab (I Tes.5:7; I Tes.5:12; Ibr.13:7).
  7. Saya bertekad untuk menyerahkan hidup saya melayani Tuhan :
    1. Bersaksi kepada orang lain tentang Tuhan Yesus Kristus Juruselamat (Yoh.14:6; Kis.4:12).
    2. Ikut memajukan Gereja Tuhan dan semua pekerjaan Tuhan (Efs.4:12-16)
    3. Saya mengasihi, menghormati, dan menaruh kepercayaan kepada pendeta/gembala saya, mendoakannya dan membantu apa saja yang dilakukan untuk Tuhan
      1. Saya akan datang kepadanya saat menghadapi masalah
      2. Saya akan mendukungnya untuk semua pekerjaan Tuhan dan untuk kemuliaan Tuhan
  8. Saya akan :
    1. Hadir dalam setiap kebaktian/ibadah di gereja (ITim.4:7-8; ITim.6:6)
    2. Hadir pada jam-jam kebaktian tepat waktu (Kol .4:5)
  9. Untuk ikut memajukan gereja, saya akan :
    1. Mencoba mengajak teman-teman/kenalan saya ke gereja (Mark.16:15; Kis.1:8)
    2. Memberikan persembahan dan persepuluhan karena itu merupakan milik Tuhan (Mal.3:8-10; Mat.6:19-21).
  10. Hari Minggu, khusus hari saya untuk berdoa, bersekutu, berbakti, belajar Firman Tuhan, di gereja agar rohani saya bertumbuh / berbuah untuk memuliakan Tuhan Yesus,
    1. Karena hari Minggu adalah hari peringatan kebangkitan Yesus Kristus, saya harus pergunakan hari itu untuk menyembah/memuja Dia (Yoh.20:19; Kis.20:7).
    2. Saya harus setia beribadah, membaca Alkitab, berdoa dan datang ke gereja untuk memohon penyucian segala dosa saya (Efs.1:7; IPetr.1:18-19; IKor.6:19-20).
  11. Saya akan menjadi anggota gereja yang setia, dan rela berkorban untuk kemuliaan Tuhan (I Kor.15:58; Ams.3:9-10).
Kesimpulan :
  1. Jaga nama baik Gereja Tuhan, jadilah saksi yang baik (Mat.5:13-16).
  2. Melibatkan diri memajukan Gereja-Nya dan ikut melayani pekerjaan-Nya (Yoh.12:26-28).

No comments: