Tuesday, September 07, 2010

Masturbasi - apakah menurut Alkitab itu adalah dosa?

Alkitab tidak pernah secara khusus mencantumkan masturbasi atau menyatakan apakah masturbasi berdosa atau tidak. Fakta bahwa Alkitab tidak berbicara apa-apa mengenai masturbasi tidak berarti bahwa masturbasi diperbolehkan. Alkitab bahkan mengajar kita untuk menghindari percabulan (Efesus 5:3). Saya tidak bisa melihat bagaimana masturbasi dapat lolos dari ujian ini. Kadang cara yang baik untuk menguji apakah sesuatu merupakan dosa atau tidak adalah apakah Anda akan bangga dan menceritakan apa yang Anda lakukan pada orang-orang lain. Jikalau itu adalah sesuatu yang Anda akan rasa malu saat orang lain mengetahuinya, besar kemungkinan itu adalah dosa. Cara lain yang bagus untuk mengujinya adalah melihat apakah Anda bisa dengan hati nurani yang tulus minta Tuhan memberkati dan menggunakan apa yang Anda lakukan itu bagi rencanaNya yang baik. Saya rasa masturbasi tidak memenuhi syarat sebagai sesuatu yang dapat kita "banggakan" atau yang bisa kita syukuri.

Alkitab mengajarkan kita, "Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah" (1 Korintus 10:31). Jikalau ada keraguan apakah itu menyenangkan Tuhan atau tidak, lebih baik tidak melakukannya. Soal masturbasi, jelas ada keragu-raguan. "Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa" (Roma 14:23). Saya tidak bisa melihat bagaimana menurut Alkitab masturbasi dapat dikatakan memuliakan Tuhan. Lebih dari itu, kita perlu mengingat bahwa tubuh kita, sebagaimana jiwa kita, telah ditebus dan menjadi milik Tuhan. "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" (1 Korintus 6:19-20). Kebenaran agung ini seharusnya mempengaruhi apa yang kita lakukan dan bagaimana kita menggunakan tubuh kita. Jadi, berdasarkan prinsip-prinsip ini, saya dengan yakin mengatakan bahwa menurut Alkitab masturbasi adalah dosa. Saya tidak percaya bahwa masturbasi menyenangkan Tuhan, menghindari percabulan, atau lulus dari ujian bahwa tubuh kita adalah milik Tuhan.

========================== Mazmur 25:14 ==========================
Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Masturbation - whether the Bible says it is a sin?
by Sionggie Hartojo January 5

The Bible never specifically include masturbation or states whether masturbation sinful or not. The fact that the Bible does not say anything about masturbation does not mean that masturbation is allowed. The Bible even teaches us to avoid sexual immorality (Ephesians 5:3). I can not see how masturbating can pass this test. Sometimes a good way to test whether something is a sin or not is whether you will be proud and tell me what you do on other people. If it is something that you will feel embarrassed when people find out, chances are it is a sin. Another good way to test is to see if you can with a sincere conscience, ask God to bless and use what you are doing it for a good plan. I do not think masturbation qualifies as something we can "boast" or that we are grateful.

The Bible teaches us, "If you eat or if you drink, or if you do something else, do all to the glory of God" (1 Corinthians 10:31). If there is doubt whether it pleases God or not, better not do it. About masturbation, it is clear there is any doubt. "And everything that is not of faith is sin" (Romans 14:23). I can not see how the Bible says masturbation can be said to glorify God. More than that, we need to remember that our bodies, as our souls, have been redeemed and belong to God. "Or know ye not that your body is a temple of the Holy Spirit who dwells in you, the Holy Spirit which ye have of God, - and ye are not your own? For ye are bought and the price has been paid in full: Therefore honor God with your body "(1 Corinthians 6:19-20). This great truth should influence what we do and how we use our bodies. So, based on these principles, I confidently say that the Bible says masturbation is a sin. I do not believe that masturbation please God, to avoid fornication, or passed the test that our bodies belong to God.

7 comments:

Anonymous said...

menyedihkan sekali blog anda ini, alasannya lemah, sangat spekulatif dan comot2 ayat, tp terus berusaha, spy lebih baik lagi tahun2 mendatang walau saya pesimis. salam damai.

Angel said...

A nice blog ,, :)

Saya setuju dengan postingan anda, karena menurut saya kitab suci yang pernah saya baca,
Tubuh kita adalah bait Allah, jadi kita harus menjaga semua kelakuan kita. Lagipula smua kan pasti indah tepat pada waktunya.

Nice,, d^^b
Keep writing :)
God Bless You forever

farsya said...

setuju dengan Anonymous. coba sudut bahasannya diperkecil. misalnya, bagaimana dengan orang yang harus masturbasi untuk tes kesuburan di laboratorium. apakah itu diperbolehkan? apa aja kriteria "memuliakan" dan "tidak memuliakannya"?

Budi said...

sy sendiri menganggap masturbasi sbg dosa, krn ada unsur "perzinahan dlm hati" (Mat 5:28) & "keinginan yg dibuahi" (Yak 1:15)

tapi ada 1 hal dlm tulisan anda yg kurang tepat, yaitu pengujian tentang suatu dosa melalui rasa malu atau bangga saat menceritakannya kpd orang lain.

kita bisa saja malu menceritakan sesuatu yg bukan dosa, misalnya: setiap lelaki/suami normal tentu merasa malu bila hrs menceritakan kpd org lain tentang pengalamannya berhubungan seks dengan istrinya sendiri, setdknya ini yg sy rasakan.

Yesus jg mengajarkan kita supaya org lain jangan sampai tahu tentang kebaikan/ibadah yg kita lakukan dlm hal : memberi, berdoa, & berpuasa. Membanggakan hal2 (yg baik) tsb malah akan menihilkan nilainya menjadi hanya mendptkan pujian manusia.

DEDE WIJAYA said...

Artikel di atas memang singkat, artikel yang lebih panjang lebar mengupasnya bisa para pembaca sekalian baca di http://dedewijaya.wordpress.com/2011/07/10/meruntuhkan-jembatan-dosa-pornografi/

jong susanto said...

"menyedihkan sekali blog anda ini, alasannya lemah, sangat spekulatif dan comot2 ayat, tp terus berusaha, spy lebih baik lagi tahun2 mendatang walau saya pesimis. salam damai." tentang pendapat saudaraku ini aku setuju. esok harus lebih baik. =
Josant=

Anonymous said...

dosa ada di imamat pasal 15 itu ada