Wednesday, March 19, 2008

Mengapa Adam dan Hawa tidak boleh makan buah Pohon Kehidupan?

Dalam Alkitab kitab Kejadian Pasal 2, kita ketahui bahwa pada waktu Adam dan Hawa tinggal dan hidup di Taman Eden, makanan mereka adalah buah-buahan (alias mereka Vegetarian) dari berbagai jenis pohon yang ada di Taman Allah atau Taman Eden.

2:9 Lalu YAHWEH Elohim menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

2:16. Lalu YAHWEH Elohim memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Awalnya Elohim memberikan perintah bahwa mereka bebas makan buah dari segala macam pohon di Taman Eden kecuali buah dari Pohon Pengetahuan yang Baik dan Jahat yang terletak ditengah-tengah Taman (Kej 3:3). Mereka bebas makan berbagai buah apa saja dari berbagai pohon termasuk buah dari Pohon Kehidupan yang terletak ditengah-tengah taman (Kej 2:9).

Jadi di tengah-tengah Taman Eden ada dua pohon yaitu Pohon Kehidupan dan Pohon Pengetahuan yang Baik dan Jahat. Namun kisah Alkitab selanjutnya mengatakan bahwa setelah manusia jatuh dalam dosa karena melanggar Larangan Tuhan yang pertama, mereka (Adam dan Hawa) dilarang makan buah dari Pohon Kehidupan. Mengapa demikian? Mengapa terjadi perubahan? Kok mereka dilarang makan dari buah Pohon Kehidupan padahal sebelum jatuh dalam dosa Allah membebaskan mereka makan buah Pohon Kehidupan?

Jawabannya kita temukan dalam Kej 3:22 yang berkata:
Berfirmanlah YAHWEH Elohim: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

Jadi Adam dan Hawa dilarang makan buah Pohon Kehidupan setelah mereka jatuh dalam dosa karena jika mereka makan buah ini mereka akan hidup selama-lamanya (kekal) dalam keadaan berdosa. Inilah alasannya mengapa Adam dan Hawa tidak boleh makan buah Pohon Kehidupan setelah mereka jatuh dalam dosa.

Maka jalan terbaik yang Allah lakukan adalah:
Lalu YAHWEH Elohim mengusir manusia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan (Kej 3:23-24).

Berfirmanlah YAHWEH Elohim: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

No comments: